Tak Berizin Jalan Terus

0
9

Ratusan perusahaan perkebunan sawit Riau terus beroperasi meski tak punya izin. Triliunanrupiah potensi pajak dikemplang. Nyaris tak ada tindakan hukum.

Ada 190 perusahaan yang tidak memiliki izin usaha budidaya hasil perkebunan (IUP-B) dan izin usaha perkebunan (IUP). Kebanyakan tidak terdeteksi di mana kantor usaha mereka. Ada tiga perusahaan yang masuk dalam First Resources Group (dulu Surya Dumai Grup), yakni PT Karya Tama Bakti Mulia dan PT Surya Inti Sari Raya. Alamat kantor dua perusahaan ini sama: di Gedung Surya Dumai, Jalan Jenderal Sudirman No 395, Pekanbaru. Menurut Pansus Monitoring DPRD Riau, kedua perusahaan ini mengelola kebun tanpa izin yang berlokasi di Bengkalis.

Juga disebut PT Damitama Mas Sejahtera, anak perusahaan Sinar Mas Group, yang berkantor di Jalan Teuku Umar No 140, Pekanbaru. Perusahaan ini mengelola kebun yang dikategorikan tanpa izin di Langgam, perbatasan Kabupaten Pelalawan-Indragiri Hulu.

Hampir 90% perusahaan perkebunan sawit tanpa izin itu tidak dijelaskan memiliki kantor. Setidaknya di Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here