Politik Uang Bisa Bikin Terjengkang

0
6

Park Geun-hye adalah fenomena unik bagi dunia politik di Korea Selatan dan bahkan di kawasan Asia Timur. Berjuang sebagai politisi perempuan di negara yang menjunjung garis keturunan dari kaum lelaki, Park Geun-hye berhasil menjadi Presiden perempuan pertama di Negeri Ginseng tersebut melalui Pemilihan Presiden tahun 2013.

Nasib malang menerpa Park Geun-hye ketika lawan-lawan politiknya membongkar skandal penyuapan yang melibatkan Choi Soon-sil, penasihat pribadi Geun-hye, dengan konglomerat bisnis Samsung dan sejumlah perusahaan raksasa di Korsel. Melalui mekanisme politik di Parlemen Korsel (Majelis Nasional), para politisi oposisi lalu berhasil memaksakan pemakzulan Park Geun-hye sebagai Presiden pada 9 Desember 2016.

Pemilihan Langsung Cukup di Tingkat Provinsi

DR. Agustin Teras Narang, SH, Gubernur Kalimantan Tengah Periode 2005-2010 dan 2010-2015

Ya, itu lah dalam disertasi saya. saya katakan pemilihan kepada daerah yang dilakukan oleh rakyat hanya di tingkat provinsi.   Itu adalah analisa ilmiah saya berdasarkan pengalaman, studi komprehensif, serta realitas yang terjadi. Memang banyak teman yang tidak setuju, saya bilang ini disertasi bukan statmen politik.  Jadi jangan dicampur adukan antara kapasitas saya sebagai politisi dengan kapasitas saya sebagai seorang doktor. Saya disini berbicara di dunia akademisi. Saya nggak bermain politik di dalam disertasi. Ini dunia ilmiah.   Kalau diajak berdebat dari sisi ilmiah saya mau, karena ini termasuk  fakta yang saya alami selama menjadi gubernur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here