KONTROVERSI PASAL ZINAH DI KUHP

0
12

Pasal-pasal tentang perzinahan, pencabulan dan pelanggaran kesusilaan menjadi topik kontroversial dalam penyusunan KUHP Nasional. Benturannya bisa meluas berlarut-larut.

Pengetatan aturan hukum bagi pelanggaran pidana kesusilaan itu juga makin keras bila dikaitkan dengan isi pasal 484 tentang perluasan makna dari tindakan zinah. Dalam RUU KUHP Nasional yang sudah dibahas di tingkat Panitia Kerja DPR itu, makna perbuatan zinah tidak lagi dibatasi untuk pria yang sudah beristri dan wanita yang sudah bersuami seperti dalam KUHP warisan Belanda.

Dubes Asing Intervensi Pasal Perzinahan

Arsul Sani, Anggota Panja RUU KUHP

Argumen saya kepada diplomat dan jurnalis asing, kenapa ribut urusan dalam negeri orang lain, dan kenapa Indonesia saja yang dipersoalkan? Di Singapura, pasal 377 pada KUHP mereka itu jelas menghukum dan mempidanakan hubungan sesama jenis, bahkan lebih luas karena masuk ke ruang privat (pribadi).

RKUHP menghukum jika perilaku LGBT dilakukan di ruang publik, seperti di jalan, di stasiun. Kalau di kamar, kita tidak mengurusi. Diplomat asing itu tanya, banyak pasangan sesama jenis warga negara mereka yang datang ke Indonesia. Apakah                                                                                 bakal diciduk polisi, yang menerobos ke kamar-kamar hotel? Saya tegaskan, tidak begitu.

Aparat baru bertindak bila perilaku LGBT itu dilakukan di depan publik, seperti di lobi hotel atau pantai. DPR juga memperhatikan etika keindonesiaan, walaupun bagi PPP itu tidak ideal. Tetapi, kelompok pro LGBT itu memang menargetkan RKUHP harus gugur.

Pamerkan LGBT Dipidana

Yasonna H. Laoly, Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia

“Semua manusia ingin dirinya normal. Tapi kalau dia di muka publik itu melanggar undang-undang. Kalau mengadvokasi sudah jelas, itu mencegah kerusakan, meluaskan. Itu kan dilarang. Mengadvokasi  seperti diluar negeri, ini kan dilarang. Jadi tidak kita kriminalisasi, tapi ya itu tadi. Ini bisa nanti menjadi soal yang saya khawatirkan mudharatnya, termasuk memperluas zinah dan lain-lain. Termasuk kawin sirih juga masih perdebatan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here