Ketika Pabrik Menjadi Ancaman

0
6

Keberadaan pabrik di pemukiman sangat berbahaya. Mulai kecelakaan kerja sampai pencemaran. UU Perindustrian sudah mewajibkan relokasi ke kawasan khusus. Namun penerapannya sulit.

Miris memang. Bagaimana sebuah pabrik yang memiliki resiko tinggi terhadap jiwa seseorang bisa berdiri di daerah pemukiman. Mengapa pabrik tersebut bisa mendapatkan izin dari pemerintahan setempat. Adanya izin tersebut terungkap dari pemeriksaan yang dilakukan Polres Metro Tangerang. Dimana menurut Kapolres Metro Tangerang, Kombes Harry Kurniawan, pemilik pabrik mengaku memiliki izin operasi.

“Banyak Jatuh Korban Karena Panik”

Kombes Pol Harry Kurniawan, Kapolres Metro Tangerang

Pertanyaannya kenapa sedikit yang selamat? Karena situasi sedang panik dan karyawan berdesakan mau keluar. Info didapatkan api sangat cepat sekali dan kobaran api sangat besar sekali. Beberapa korban mengatakan melalui pintu samping karena tidak bisa melihat jalan ke pintu utama. Kenyataannya juga brimob malah membantu. Dibobol sehingga banyak juga yang selamat.

“Menteri Tenaga Kerja Harus Bertanggungjawab”

Mirah Sumirat, Presiden Aspek Indonesia

KASUS kebakaran pabrik petasan PT Panca Buana Cahaya Sukses yang menyebabkan 49 pekerjanya tewas seperti membuka cerita lama. Ada masalah klasik soal kepedulian dengan keselamatan pekerja.

“Selain mengungkapkan duka cita, kami menganggap ini tragedi kemanusiaan untuk buruh seluruh Indonesia aakibat kelalaian Keselamatan Kesehatan Kerja (K3).”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here