CARA MUDAH MEMBOBOL BANK

0
8

Bankir selalu menipu masyarakat bahwa bank tempat yang aman. Padahal sebaliknya, bank adalah tempat paling tidak aman. Jaringan pengamanannya sangat rapuh. Lebih rapuh dari jaring laba-laba.

Menurut Sarjono Turin, kredit itu dalam pembukuan bank tercatat dikucurkan kepada 172 orang debitur. Padahal 172 debitur itu cuma  fiktif dan hanya dibuat seolah-olah mereka mengajukan pinjaman untuk usaha masing-masing sebesar Rp500 juta. Setelah proposal kredit disetujui dan pinjaman cair, uang itu justru dialirkan ke rekening empat orang yang membawa 172 proposal tersebut.

Kredit tersebut, lanjutnya, disetujui tanpa pengkajian dan penelitian memadai oleh pihak Bank Jatim. Ini sebabnya tim penyidik meyakini bahwa para pembobol dana kredit KUR tersebut bekerja sama dengan orang dalam Bank Jatim. Mulai dari pejabat bank di kantor cabang pembantu sampai dengan kantor cabang. “Persetujuan kredit tentu harus dari kantor cabang,” ujarnya

Paling Mungkin Orang Dalam Terlibat

Kresno Sediarsi, Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda):

“Karena sistem dan infrastrukturnya tidak berjalan bagus. Kebanyakan juga karena demi memenuhi target. Itu masih terjadi, meskipun tidak semua begitu. Kalau terjadi ya negara punya aparat penegak hukum. Ini fungsinya mengendalikan sesuai aturan dan ketentuan. Memang dalam beberapa kasus ini didorong dalam pencapaian target”.

“Orang dalam yang paling mungkin untuk melakukan pembobolan. Apalagi, untuk kredit fiktif, yang paling mungkin adalah adanya orang dalam. Karena informasi dan celahnya kan ada di tangan orang dalam”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here